Forum

Sabtu, 12 Juni 2010

Indonesian Agroindustrial Student Leaders Summit 2010 (IASLS 2010)

Agroindustri hingga saat ini masih menjadi salah satu bagian yang terpenting dalam menggerakkan roda perekonomian bangsa Indonesia. Hal ini yang pada akhirnya memposisikan agroindustri sebagai sumber devisa negara di sektor non-migas. Peranan agroindustri tidak kalah pentingnya jika dibandingkan tunjangan energi yang harus ditanggung oleh suatu negara, sebab sisi agroindustri justru akan menunjang terbentuknya energi terbarukan yang ramah lingkungan. Artinya, agroindustri tidak pernah lepas dari sisi-sisi kehidupan bangsa indonesia sehari-harinya.
Indonesia sebagai bangsa yang berkembang, hingga kini masih terombang-ambingkan oleh berbagai dilema dan problematika, dimulai dari masalah klasik hingga masalah fundamental yang bersifat krusial. Faktor ini antara lain dan yang paling penting karena kelalaian Indonesia baik pemerintah maupun masyarakatnya dalam usaha pengoptimalisasian pertanian. Dalam hal ini, pertanian yang dimaksud tidak hanya kegiatan prapanen, namun juga kegiatan pasca panen termasuk pemasarannya. Oleh karenanya, agroindustri merupakan salah satu sistem yang difungsikan untuk menjawab permasalahan tersebut.
CAFTA (Chinese-Asian Free Trade Area) menjadi suatu tantangan tersendiri bagi Indonesia dalam membuka peluang beralihnya titel negara berkembang menjadi negara yang lebih maju. Ironisnya, hingga saat ini Indonesia dirasa masih belum siap menjawab tantangan itu dengan matang. Ketidaksiapan ini justru akan mengubah peluang tersebut menjadi ancaman tersendiri bagi bangsa Indonesia oleh jajahan produk bangsa China yang dalam kenyataannya tidak diragukan lagi oleh banyak konsumen. Sedangkan, produk Indonesia terutama produk pertanian dan agroindustrinya tidak banyak konsumen yang mempercayainya karena banyak faktor.
Sudah seharunya Indonesia merencanakan suatu langkah kongkrit dalam mempersiapkan tantangan tersebut yang diimplementasikan oleh setiap kalangan masyarakat, termasuk mahasiswa. Forum Agroindustri Indonesia (Foragrin) merupakan suatu forum/kelembagaan yang beranggotakan mahasiswa jurusan teknologi industri pertanian dalam lingkup nasional. Forum yang didirikan oleh empat universitas ini (Institut Pertanian Bogor, Universitas Trunujoyo, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Brawijaya) terkumpul dalam suatu wadah yang konsen terhadap perkembangan agroindustri di Indonesia sejak tahun 2008. Artinya, Foragrin masih merupakan organisasi muda yang menjadi estafet perjuangan dari forum-forum agroindustri yang sebelumnya sempat berdiri dan vakum hingga saat ini. Oleh karenanya, dibutuhkan suatu metode dalam memperbaiki dan merapikan barisan kader forum ini sebelum benar-benar fokus pada agroindustri.
Indonesian Agroindustrial Student Leaders Summit 2010 (IASLS 2010) merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dimaksudkan sebagai pembenahan sekaligus pencetakkan generasi yang berkarakter agroindustri dalam menjawab tantangan dunia. Muatan yang diberikan berupa simposium, diskusi, dan pelatihan ini diharapkan mampu memperkuat paradigma pertanian yang dimiliki sehingga menjadi insan agroindustrialis yang kompeten. Artinya, diberikan suatu wadah kreativitas dalam merumuskan serta memberikan solusi masalah yang ada saat ini, termasuk CAFTA. Selain itu, juga sebagai suatu langkah kongkrit dalam mempersiapkan generasi bangsa yang berwawasan agroindustri sehingga siap bersaing di masa depan.
B. Tujuan
Adapun tujuan dari diadakannya kegiatan IASLS 2010 ini, antara lain:
1. Mencetak generasi Forum Agroindustri Indonesia (Foragrin) yang peka dan tanggap akan perkembangan agroindustri, khususnya di Indonesia.
2. Memperbaiki dan merapikan keadaan struktural Forum Agroindustri Indonesia (Foragrin), termasuk Sumberdaya Manusianya.
3. Meningkatkan jiwa kepemimpinan anggota Forum Agroindustri Indonesia (Foragrin) yang berkarakter dan berwawasan global.
4. Merangsang kreativitas anggota Forum Agroindustri Indonesia (Foragrin) melalui konsep technopreneurship.

2 komentar:

  1. Salut untuk kepengurusah foragrin, keep contact terus. Buat Link ke blog/web himpro Teknologi Industri Pertanian yang lain juga, biar kita bisa saling berhubungan..
    salam sukses

    BalasHapus
  2. Salut untuk kepengurusah foragrin, keep contact terus. Buat Link ke blog/web himpro Teknologi Industri Pertanian yang lain juga, biar kita bisa saling berhubungan..
    salam sukses

    BalasHapus